Dosen UNSIL Berikan Pendampingan Metode Digital Marketing Kepada Masyarakat

Di era digital semacam saat ini ini, keahlian digital nmerupakan skill yang wajib dipunyai. Kehidupan dunia nyata serta di dunia maya buat sebagian orang dapat saja berjalan beriringan, musabab dunia yang digelutinya tidak lepas dari internet, laptop, gadget serta sosial media.

Misalnya dalam dunia usaha, dikala ini memerlukan keahlian digital marketing yang mumpuni, ingin tidak ingin untuk para pengusaha serta pelakon usaha baik skala kecil maupun besar harus mengikuti pertumbuhan era dengan pengaruh teknologi digital yang sebegitu cepatnya bergerak.

Bermacam platform messenger ataupun berkirim pesan bukan lagi cuma selaku perlengkapan buat berbicara. Demikian juga sosial media, saat ini jadi semacam ruang marketing.

Misalnya saja, WhatsApp yang saat ini ialah salah satu alternatif berkirim pesan yang banyak digunakan oleh bermacam golongan, walaupun terlihat simpel, tetapi dengan keahlian berkirim foto, video, suara, Video Call serta berkirim file jadi perlengkapan marketing yang efisien sehingga tidak kelewatan di setelah itu hari aplikasi perpesanan besutan Meta ini pula menghasilkan WhatsApp dalam tipe Bussines. Digital marketing inilah salah satu perihal berarti yang dilirik oleh Tim pelaksana pengabdian yang terdiri dari H. Adang Danial, Drs, M. Kes, H. Mumu, Drs., M. Pd. serta DediNurjamil, Meter. Pd. dalam melakukan tugas pokok serta guna dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi ialah melakukan dedikasi kepada warga.

” Tema dedikasi yang dilaksanakan merupakan mengenai pelatihan Digital Marketing. Pelatihan sendiri dilaksanakan sepanjang 2 hari ialah 29 serta 30 September 2022 dengan partisipan dari LPK Yuwita serta LPK Amanah di Kota Tasikmalaya,” terang ketua tim pelaksana dedikasi kepada warga H. Adang Danial, Drs, Meter. Kes.

Baginya, tujuan dari aktivitas penerapan dedikasi ini merupakan supaya partisipan mendapatkan pengetahuan serta uraian yang baru bagaimana metode memasarkan produk secara online.” Perihal ini bertujuan supaya benda yang dipasarkan mempunyai jangkauan lebih luas kepada konsumen,” imbuhnya.

Modul menimpa uraian digital marketing sampai aplikasi membuat toko secara online diberikan kepada para partisipan di hari awal penerapan dedikasi warga. Sedangkan hari kedua dicoba penilaian terhadap toko- toko online yang telah terbuat oleh para partisipan.

” Kami mengucapkan terimakasih kepada tim pelaksana dedikasi kepada warga dari Universitas Siliwangi yang telah berkenan buat melakukan dedikasi di tempat kami, mudah- mudahan ilmu baru yang kami bisa membagikan khasiat untuk segala partisipan pelatihan,” kata Pimpinan LPK Yuwita serta Amanah.

” Saya telah memperoleh bonus serta pengetahuan baru menimpa digital marketing. Mudah- mudahan dapat saya aplikasikan dalam dunia usaha yang saya geluti,” kata salah satu partisipan pelatihan.

Diketahui, rivalitas ataupun kompetisi di dunia usaha era saat ini sangatlah berbeda dengan keadaan rivalitas bisnis pada belasan ataupun puluhan tahun kemudian.

” Bila dulu industri banyak gunakan metode door to door sebagai salah satu strategi direct selling, dikala ini digital marketinglah yang sukses menggantikannya,” ungkap akademisi Unsil. Menurutntya strategi digital marketing merupakan strategi pemasaran dengan cakupannya sangat luas.” Bila mau menguasainya, kita wajib ingin belajar lebih banyak lagi serta langsung mempraktikkan ilmu yang telah kita serap, sembari terus learning by doing,” tutup ia.