ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PERSIAPAN KAWASAN WISATA DESA RAJADATU DI BUKIT SUMINGKIR

Studi Pada Desa Rajadatu Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya

Penulis

  • Ailsa Salsabila Ramadhanti Universitas Siliwangi
  • Muhammad Naufal Adriansya Universitas Siliwangi
  • Nabila Fayza Universitas Siliwangi
  • Nastiti Novitasari Universitas Siliwangi

Kata Kunci:

Partisipasi Masyarakat, Desa Wisata, Desa Rajadatu

Abstrak

Desa Rajadatu merupakan salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Desa Rajadatu saat ini sedang dalam tahap merintis Desa Wisata, Hal tersebut karena Desa ini memiliki potensi  yang cukup banyak dan menarik sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu daya tarik wisata. Desa Wisata Rajadatu merupakan Desa Wisata yang mengedepankan keseharian aktivitas masyarakat sebagai sebuah produk wisata yang dikelola oleh Pokdarwis Desa Rajadatu yang dinaungi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Santana Rajadatu. Partisipasi tenaga fisik yang sudah dilakukan masyarakat desa Rajadatu berupa persiapan tempat wisata, partisipasi keterampilan yang sudah melibatkan perangkat desa dan masyarakat berupa edukasi persiapan yang harus dilakukan untuk membuat kawasan desa wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bentuk partisipasi asyaakata dalam pengembanga desa wisata tepatnya persiapan kawasan wisata bukit Sumingkir. Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dan pengelola desa wisata Rajadatu sudah melibatkan masyarakat untuk menuangkan ide-ide terkait kekurangan dan kelebihan desa wisata.  Faktor penghambat partisipasi masyarakat yaitu motivasi rendah. Faktor pendukung yaitu kepedulian dan komunikasi yang terjalin dengan baik.

Referensi

Prabowo, S. E., Hamid, D., & Prasetya, A. (2016). Analisis partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata (studi pada Desa Pujonkidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Bisnis.[internet].[diunduh 2017 Oktober 6], 33(2).

Frasawi, E.S., 2018. Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata ambengan Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3).

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Ramadhanti, A. S., Muhammad Naufal Adriansya, Nabila Fayza, & Novitasari, N. (2024). ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PERSIAPAN KAWASAN WISATA DESA RAJADATU DI BUKIT SUMINGKIR: Studi Pada Desa Rajadatu Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 137–139. Diambil dari https://mediacendekia.my.id/ojs/index.php/jpmi/article/view/106

Terbitan

Bagian

Artikel