DAMPAK PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP HASIL NILAI LITERASI DAN NUMERASI SEKOLAH SERTA BUDAYA LITERASI SISWA

Penulis

  • Muhamad Aditia Nugraha Universitas Siliwangi
  • Rizky Akhmad Zidane Universitas Siliwangi
  • Ahmad Hamdan Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.1234/jpmi.v2i3.174

Kata Kunci:

Kampus Mengajar Numerasi Literasi

Abstrak

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program was launched by the government through the Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) as a form of assistance to schools that still have deficiencies. This initiative is designed to address the challenges faced by every UPTD. The main focus of this service is to assess the effectiveness of Kampus Mengajar programs in improving school literacy and numeracy and student literacy culture at SMP Negeri 21 Tasikmalaya. This study uses descriptive qualitative research techniques to present the observed facts methodically. Data collection is done by observation, interview and documentation. The process of improving literacy, numeracy and literacy culture of students is carried out through innovation programs held by teaching campus students, namely: (1)literacy education with West Java reading ambassadors, (2)mobile library visits, (3)reading terraces (4)mading renewal, (5)fan math, and (6)literacy classes. The results showed that the program "Kampus Mengajar" has a positive impact on improving literacy, numeracy and literacy culture of students. The students showed an increase in enthusiasm in program activities, especially through their interaction with the students participating in the batch 6 Kampus Mengajar

Referensi

Aflah, A. N., Ananda, R., Surya, Y. F., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Project Based Leaning Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 57–69.

Ahyar, A. M., & Zumrotun, E. (2023). Upaya Meningkatkan Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Program Kampus Mengajar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 291-301.

Amaliyah, H., Nurpazriah, I., Khaerunnisa, N. F., Syahnai, R., Muhammad, S., & Awaliyah, Y. S. (2023). Perencanaan Program Motivasi Bangun Dari Mimpi Bukan Berarti Tidak Bisa Bermimpi Kembali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 41-47.

Bafadal, Ibrahim. 2009. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Basuki, S. 2003. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka Hal. 5.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.

Kemdikbud. (2021). 6 Literasi Dasar yang Wajib Dimiliki Pelajar SMP. Diakses dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/

Lickona dalam Mufliva, R., & Permana, J. 2021. Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Isu Prioritas dalam Upaya Membangun Masyarakat Masa Depan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).

Mahardika, G. P., Khaerunnisa, K., Yusuf, N. Y. N., & Sari, T. W. (2020, October). Penyediaan Teras Baca bagi Masyarakat Desa Pondok Kacang sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Mardhotillah, N, R., Ramdani, E, P., Khotimah, I, H,. Hayat, D, F., Syahda, A., Hamdan, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Dasar Bahasa Inggris Kelompok Wanita Tani (KWT). Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 91-97.

Mufliva, R., & Permana, J. Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Isu Prioritas dalam Upaya Membangun Masyarakat Masa Depan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).

Nugrahini, Maria Isti. N.D. “Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Di Sma Negeri 11 Yogyakarta.”

Prasetyono dalam Sari, C. P. (2018). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas IV. Basic Education, 7(32), 3-128.

Pratama, A., Fakhrudin, A., Kuswidyanarko, A., & Rizhardi, R. (2023). Analisis Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Numerasi Pada Tingkatan Sekolah Bawah: Riset Literatur. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 15-19.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35-40.

Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(6), 749-756.

Rizkianti, P. A., Asbari, M., Priambudi, N. P., & Asri, S. A. J. (2024). Pendidikan Indonesia Masih Buruk?. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 35-38.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.

Sumarto, Lestari, A. S., Panggabean, A. S., Sari, C. N., Daniel, Siahaan, A., Farell, E., Bahri, I., Hermayeni, J. S., Lioni, Simanjuntak, V. B., Jaizna, M. N., & Mulana, W. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi, Kreativitas Dan Pengetahuan Siswa Sdn 005 Makmur Melalui Lomba Mading Bertema Hut-Ri 77. Journal Of Rural And Urban Community Empowerment, 4(2), 98–102.

Sumarto, S., Lestari, A. S., Panggabean, A. S., Sari, C. N., Siahaan, D. A., Farell, E., ... & Mulana, W. Peningkatan Kemampuan Literasi, Kreativitas dan Pengetahuan Siswa SDN 005 Makmur Melalui Lomba Mading Bertema HUT-RI 77. Journal Of Rural And Urban Community Empowerment, 4(2), 98-102.

Yasa, A. D., & Chrisyarani, D. D. (2020). Membudayakan Keterampilan Menulis pada Mading Kelas untuk Melatih Kreativitas Siswa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 242-249.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Nugraha, M. A., Zidane, R. A., & Hamdan, A. (2024). DAMPAK PROGRAM KAMPUS MENGAJAR TERHADAP HASIL NILAI LITERASI DAN NUMERASI SEKOLAH SERTA BUDAYA LITERASI SISWA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 267–280. https://doi.org/10.1234/jpmi.v2i3.174