PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN BAIK DALAM RANGKA MENCEGAH BULLYING DI TBM PUSTAKA PRIMA

Penulis

  • Syafana Candra Juliansyah Universitas Siliwangi
  • Muhamad Rizki Dwi Andika Universitas Siliwangi
  • Fasha Rachmadika Universitas Siliwangi
  • Adisti Aisyah Rahmayanti Universitas Siliwangi
  • Dwi Mayovi Salsabila Nurasa Universitas Siliwangi
  • Fayla Lakmi Dara Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.1234/jpmi.v2i2.83

Kata Kunci:

Community participation, Community Education, Information Technology, bullying

Abstrak

This article discusses the utilization of information technology to prevent bullying in TBM Pustaka Prima, a community-based library in Tasikmalaya, West Java. The authors conducted a community service program that aimed to educate the library staff and visitors, especially teenagers, about the dangers and impacts of bullying, both offline and online. The program also provided guidance on how to use information technology wisely and responsibly, such as avoiding cyberbullying, protecting personal data, and accessing reliable sources of information. The program consisted of several activities, such as seminars, workshops, counseling, and mentoring. The results showed that the program increased the awareness and knowledge of the participants about bullying and information technology, as well as improved their skills and attitudes in using information technology. The authors suggest that similar programs should be implemented in other community-based libraries to promote a safe and positive environment for learning and socializing.

Biografi Penulis

Muhamad Rizki Dwi Andika, Universitas Siliwangi

Penulis bernama Muhamad Rizki Dwi Andika, lahir di Garut, 22 September 2004.

Penulis bertempat tinggal di RT001/RW002 Jalan Nusa Indah 2 No 52, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Nomor telepon penulis yang bisa dihubungi 089662975746 dan email solihati775@gmail.com.

Penulis mengenyam pendidikan di TK Aisyah pada tahun 2009, kemudian masuk di SDN 1 Haurpanggung pada tahun 2010 dan lulus tahun 2016. Kemudian penulis melanjutkan sekolah ke SMPN 2 Tarogong Kidul pada tahun 2016 dan lulus tahun 2019. Di jenjang berikutnya penulis melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Garut dan lulus pada tahun 2022. Sekarang penulis melanjutkan pendidikan di Universitas Siliwangi jurusan Pendidikan Masyarakat.

Di perkuliahan, penulis aktif pada bidang akademik maupun non akademik. Penulis sudah membuat 4 karya tulis ilmiah dan 1 yang sudah terbit di jurnal.

Referensi

Alisalman, M. (2022). Pembelajaran partisipatif sebagai metode dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 66-77.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. Pedagogia, 17(1), 55-66.Metode Partisipatif

Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205-216.

Hidayati, N. (2012). Bullying pada anak: Analisis dan alternatif solusi. Jurnal Insan, 14(1), 41-48.

Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N. (2019). Pemberdayaan kelompok masyarakat desa dalam perencanaan metode partisipatif. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 227-239.

Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020, November). Pencegahan bullying dalam pendidikan karakter melalui peran guru di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 633-640).

Rusyidi, B. (2020). Memahami Cyberbullying Di Kalangan Remaja. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 100-110.

Supriyadi, A. (2021). Pelatihan Strategi Menulis Proposal Hibah Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(1), 25-28.

Syah, R., & Hermawati, I. (2018). Upaya pencegahan kasus cyberbullying bagi remaja pengguna media sosial di Indonesia. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(2), 131-146.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Candra Juliansyah, S., Dwi Andika, M. R., Rachmadika, F., Rahmayanti, A. A., Salsabila Nurasa, D. M., & Dara, F. L. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN BAIK DALAM RANGKA MENCEGAH BULLYING DI TBM PUSTAKA PRIMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 80–83. https://doi.org/10.1234/jpmi.v2i2.83

Terbitan

Bagian

Artikel