PELATIHAN KEMAMPUAN DASAR BAHASA INGGRIS KELOMPOK WANITA TANI (KWT) RW. 03 DESA SUKAJADI, CIAMIS

Penulis

  • Nida Rizki Mardotillah Universitas Siliwangi
  • Emira Putri Ramdani Universitas Siliwangi
  • Iin Husnul Khotimah Universitas Siliwangi
  • Dila Fadlilah Hayat Universitas Siliwangi
  • Alifia Syahda Universitas Siliwangi
  • Ahmad Hamdan Universitas Siliwangi

Kata Kunci:

Pariwisata, Pelatihan Bahasa, Komunikasi, Bahasa, Tenaga Kerja

Abstrak

Sakola Motekar merupakan salah satu wisata desa yang berada di Desa Sukajadi Kabupaten Ciamis. Wisata tersebut telah dikenal oleh banyak orang termasuk wisatawan asing. Namun sumber daya manusia khususnya anggota KWT yang akan bersinggungan dengan wisatawan asing belum memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik sehingga menghambat komunikasi. Hambatan dalam komunikasi tersebut ditakutkan dapat mempengaruhi ketertarikan wisatawan asing di kemudian hari sehingga dapat mengurangi jumlah pengunjung Sakola Motekar. Maka dari itu, pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan berbahasa Inggris perlu dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat khususnya anggota KWT di RW 03 Desa Sukajadi. Pelatihan ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan terhadap 3 kelompok KWT yaitu KWT Melati II, KWT Mandoro, dan KWT Mawar. Metode pelaksanaan pelatihan ini menggunakan metode ceramah dengan materi mengenai daily conversation. Hasil yang didapatkan dari pelatihan ini merujuk pada hasil positif karena mengalami peningkatan nilai antara pretest dan posttest. Dari hasil tersebut diharapkan mampu membantu dalam mempersiapkan Sakola Motekar menuju wisata yang dikenal wisatawan lokal dan wisatawan asing.

Referensi

Anam, M. M. U. (2017). Strategi ikonik wisata untuk memperkenalkan Kota Malang sebagai salah satu destinasi wisata religi. Jurnal Pariwisat a Pesona, 2(2), 11.

Effendi, O. U., & Surjaman, T. (1986). Dinamika komunikasi. Remadja Karya.

Effendy, I., & Abi Hamid, M. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw. dev. 100.2. a pada siswa smk negeri 2 lubuk basung. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81-88.

Magdalena, I. Dkk. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. Nusantara, 3(2), 150-165.

Saputra, D. (2020). Tatakelola Kolaborasi Pengembangan Kampung Wisata Berbasis Masyarakat. GOVERNMENT: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(2), 85-97.

Setyanto, M. Y., & Purwoko, B. (2018). Pengembangan Aplikasi Need Assessment Siswa Untuk Penyusunan Program Bk Di Sma. Jurnal Bk Unesa, 8(2), 158-163

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2024

Cara Mengutip

Mardotillah, N. R., Ramdani, E. P., Khotimah, I. H., Hayat, D. F., Syahda, A., & Hamdan, A. (2024). PELATIHAN KEMAMPUAN DASAR BAHASA INGGRIS KELOMPOK WANITA TANI (KWT) RW. 03 DESA SUKAJADI, CIAMIS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 91–97. Diambil dari https://mediacendekia.my.id/ojs/index.php/jpmi/article/view/87

Terbitan

Bagian

Artikel