PENERAPAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DALAM PENDIDIKAN KESETARAAN
DOI:
https://doi.org/10.1234/cjppm.v2i2.139Kata Kunci:
Pendidikan Kesetaraan, Manajemen Program, Pendidikan Kecakapan HidupAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan kecakapan hidup dalam program Pendidikan Kesetaraan di SPNF SKB Kabupaten Ciamis dengan melihat keefektivan dan dampaknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu penerapan pendidikan kecakapan hidup dalam pendidikan kesetaraan di SPNF SKB Kabupaten Ciamis melalui program kursus belum bisa dikatakan sangat efektif karena masih terdapat beberapa permasalahan, namun untuk penerapan model pembelajaran pendidikan kesetaraan yang berintegritas pada pendidikan kecakapan hidup menghasilkan dampak yang baik dengan pengembangan kurikulum yang dikaitkan dengan kebijakan, kurikulum pendidikan kesetaraaan. Simpulan penerapan pendidikan kecakapan hidup dalam program Pendidikan Kesetaraan yaitu mengembangkan kemampuan dalam berfikir kompleks, komunikasi efektif, dan membangun kerjasama sehingga warga belajar memiliki kesiapan dan cakap untuk bekerja serta memiliki karakter dan etika untuk masuk dalam dunia kerja.
Kata Kunci: Pendidikan Kesetaraan, Manajemen Program, Pendidikan Kecakapan Hidup